https://plus.google.com/114811983899780492126' rel='author'/>
Home > > World Wide Web Bermula dari CERN

Saturday, November 26, 2011

World Wide Web Bermula dari CERN

World Wide Web Bermula dari CERN
World Wide Web atau WWW adalah layanan multimedia internet yang menyajikan informasi yang interaktif dan atraktif. WWW ini diperkenalkan tahun 1992 oleh Tim Berners-Lee. Tetapi bukan dari situ bermula nya world wide web ini. Lebih jelasnya, simak penjelasan nya berikut ini.

World Wide Web Bermula dari CERN
Awal September 2008, nama Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir atau dalam bahasa Perancis disebut Organisation Europeenne pour la Recherce Nucleaire (CERN) menyeruak dalam pemberitaan lantaran percobaan spektakuler yang dilakukan. Mereka tengah mencoba menciptakan kondisi saat terjadinya alam semesta untuk mengetahui proses pembentukan jagat raya. Fungsi CERN memang melakukan penelitian yang terkait fisika nuklir dan ilmu murni. Namun, kamu mungkin tak menyangka kalau World Wide Web yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Internet itu berawal dair sini. Menurut cern.ch, pelopornya adalah ilmuwan Inggris Tim Bernees-Lee yang pada Maret 1989 menulis proposal kepada atasannya mengenai komunikasi efektif menggunakan komputer. Dasarnya adalah penggunaan sistem hypertext atau lebih dikenal sebagai "tunjuk dan klik" yang lazim dipakai saat berselancar di Internet saat ini untuk mencari dan memilih informasi. Kemudian seorang insinyur sistem, Robert Caillau, bergabung untuk mewujudkan gagasan Berners-Lee ini. Ide dasarnya adalah menghubungkan hypertext dengan internet dan jaringan komputer-komputer pribadi di CERN menjadi satu jaringan. Tujuan nya untuk mempermudah para ilmuwan CERN mencari atau berbagi aneka informasi kegiatan penelitian yang dilakukan. Penggunaan hypertext memungkinkan pengguna melakukan browsing di berbagai laman web menggunakan link. Berners-Lee juga menciptakan browser editor dengan tujuan mengembangkan perangkat untuk membuat web sebagai lingkungan kreatif untuk berbagi dan mengedit informasi serta membangun hypertext yang bersifat umum. Browser ini akhirnya pada Mei 1990 resmi dipublikasikan dengan nama World Wide Web alias WWW. Info.cern.ch merupakan alamat website pertama di dunia sekaligus sebagai web server pertama. Alamat web page yang pertama adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html yang isinya adalah informasi soal proyek pengembangan WWW ini.

Perlu diketahui juga, CERN ini juga ada hubungan nya dengan John Titor si Penjelajah Waktu yang sedang gempar-gempar nya karena pengakuan nya yang pernah pergi ke masa lalu dan masa depan. Lebih jelas nya LIHAT DISINI!

Sekian dari saya tentang world wide web, TERIMAKASIH!


Related Post:

2 komentar:

Mutiara Islam said... Reply To This Comment

wah innfo tingkat tinggi nih sob.. bagus buat wawasan blogger..
sob follback dong, udah ane follow tuh

Terimakasih Telah Berkomentar! :)
bloekoetoek said... Reply To This Comment

cern memang yang pertama sementara pengembang pertama adalah yahoo yang kemudian di ikuti oleh google. namun kabarnya sekarang cenr masih dipergunakan dibeberapa jaringan pertahanan eropa dan amerika dan hypertext dikembangkan dalam bahasa yang lebih rumit lagi, kebahasa piton dan beberapa kode yang mengalami beberapa regerisasi berupa metrik. ok nice posting bro. salam persahabatan blogger. saya tunggu kunjungan baliknya. makasih

Terimakasih Telah Berkomentar! :)
:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Post a Comment

Silahkan berkomentar untuk saran dan kritik nya!

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!